RATE PREMI ASURANSI YANG MENURUN (SEBUAH KRITIK)

Disela-sela pekerjaan seorang sahabatku sebut saja namanya Bunga, ia mengeluh kenapa ada satu perpanjangan untuk asuransi kebakaran dengan nilai rate premi yang menurun tiap tahunnya?.

“Seharusnya rate premi menaik dan bukan menurun” katanya, lebih lanjut lagi ia mengatakan seharusnya dari DAI (Dewan Asuransi Indonesia) harus memiliki kebijakan atau peraturan yang mengikat tentang bagaimana seharusnya perlakuan atas kenaikan dan penurunan rate premi untuk segala jenis pertanggungan.

Selama ini yang saya ketahui baru penutupan untuk asuransi kendaraan bermotor saja yang mempunyai peraturan dalam hal penetapan rate premi. Dan itu ditentukan oleh Departemen Keuangan berdasarkan data statistik yang diberikan oleh setiap perusahaan asuransi kerugian yang menawarkan produk asuransi kendaraan bermotor tiap tahunnya.

Lalu kenapa hanya untuk asuransi kendaraan bermotor saja yang memiliki peraturan penetapan rate premi yang dapat berubah tiap tahunnya? Bagimana dengan produk asuransi kerugian lainnya?

Di dalam buku standard kode okupasi yang diterbitkan oleh DAI memang tertulis rate standard untuk jenis-jenis okupasi yang berbeda, namun itupun belum ada perubahan sejak diterbitkannya buku tersebut.

Dengan demikian perusahaan asuransi kerugian bebas menentukan berapa rate premi yang akan dikenakan untuk satu jenis pertanggungan menurut kode okupasinya, dan biasanya memang tidak terlalu jauh dari nilai standard rate premi yang di tetapkan oleh DAI. Namun demikian, hal ini akan menjadi bumerang manakala terdapat asuransi kerugian yang selama ini dinilai cukup sehat oleh para underwriter, apabila hanya dilihat dari jumlah frekwensi klaim yang terjadi saja, tanpa menganalisa tingkat residual tiap tahunnya.

Penurunan rate premi bisa saja terjadi karena selama tertanggung menggunakan jasa asuransi kerugian di suatu perusahaan asuransi belum pernah terjadi klaim, dan oleh sebab itu perusahaan asuransi tersebut berani untuk menurunkan tingkat rate premi yang harus dibayar oleh tertanggung. Selain itu bisa saja perusahaan asuransi menurunkan rate premi untuk dapat terus memegang kepercayaan dari si tertanggung. Dan ini sudah menjadi lumrah di dunia perasuransian kita. Bahwa rate premi yang dikenakan kepada tertanggung hanya berdasarkan rate yang beredar di pasaran, dan wajar saja kalau setiap perusahaan asuransi di negara kita berlomba-lomba untuk menawarkan produk jasanya dengan nila rate yang rendah. Dan mungkin saja rate premi yang digunakan di Indonesia dinilai cukup rendah untuk kawasan Asia Tenggara.

Apabila nilai rate ditentukan oleh persaingan di dunia perasuransian kita, maka sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada lagi sebuah nilai keobjektifitasan dalam pengelolaan asuransi. Semua perusahaan asuransi berlomba-lomba untuk tetap bertahan dengan cara menawarkan rate premi yang serendah mungkin, dan itu pula berarti bahwa para underwriter kita belum dapat menjalankan prudent underwriting secara maksimal.

~ by Adi on October 28, 2009.

One Response to “RATE PREMI ASURANSI YANG MENURUN (SEBUAH KRITIK)”

  1. sudah bukan rahasia lagi,industri asuransi nasional khususnya untuk asuransi umum terancam likuiditasnya, dan memiliki eksposur tinggi terhadap risiko tekor akibat tingginya beban operasi. ini merupakan konsekuensi logis terlalu banyaknya pemain di tengah minimnya jumlah pemegang polis. seperti produk yang terlalu banyak di pasar, maka harga yang ditawarkan menjadi lebih rendah.
    belum lagi alasan untuk menjaga loyalitas eksisting nasabah untuk terus memperbaharui polis. maka rate premi yang lebih rendah yang akan diberikan.
    sebuah arsitektur perasuransian perlu dipertegas, akan dikemanakan industri asuransi, dan kelas bisnis seperti apa yang akan dikelola. seperti perbankan, merger dan akusisi seharusnya menjadi pertimbangan pelaku industri untuk membentuk bisnis yang besar dan kuat, sehingga perhitungan premi pun masuk dalam kalkulasi bisnis yang sehat. maka, jor-joran premi tak bakal terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: